Kenali Gejala dan Penyebab Baby Blues


Sebagian wanita rentan mengalami gangguan atau perubahan mood parah (mood swing) pasca melahirkan. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah baby blues syndrome. Umumnya, baby blues akan semakin memburuk pada hari ke 3 atau ke 4 pasca melahirkan dan akan berakhir pada hari ke 14. Meski begitu, baby blues ini tidak bisa dianggap sepele ya, moms!

Baby blues dapat terjadi karena beberapa faktor, dua diantaranya adalah faktor hormonal dan faktor sosial. Faktor hormonal terjadi karena adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh ibu. Perubahan pada tubuh ibu pasca melahirkan turut menjadi faktor penyebab sindrom baby blues terjadi sehingga menyebabkan hilangnya rasa percaya diri, hilangnya nafsu makan dan sulit tidur dimalam hari. Sedangkan faktor sosial terjadi karena tekanan dari lingkungan sekitar. Karena itu, peran keluarga terutama ayah sebagai support system sangat penting bagi ibu.

Baby blues juga ditandai dengan beberapa gejala lain seperti muncul rasa sedih yang menyebabkan ibu menangis tanpa sebab, emosi labil sehingga ibu mudah marah, kelelahan, kesulitan untuk beradaptasi dan kurangnya tingkat kepercayaan diri dalam mendidik sang buah hati hingga muncul kecemasan tanpa alasan yang jelas.

Tetapi, jangan khawatir! Semua gejala baby blues diatas bisa dicegah lho moms! Beberapa hal yang bisa mommy lakukan agar terhindar dari baby blues syndrome adalah :

1. Jangan bebani diri

Jangan paksakan mengerjakan semua hal sendiri. Buat prioritas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu atau sesekali minta bantuan orang-orang terdekat untuk ikut membantu ya moms!

2. Tidur yang cukup

Pastikan waktu tidur mommy tercukupi dengan baik. Manfaatkan waktu tidur si kecil untuk ikut tidur dengannya ya. Jika si kecil terbangun dimalam hari, jangan ragu meminta bantuan ayah untuk menjaganya

3. Berbagi cerita

Tidak ada salahnya lho moms untuk sharing dengan teman atau ibu-ibu lain yang sudah memiliki pengalaman serupa. Sharing is caring. Atau bisa juga memulai dengan hal paling sederhana, yaitu berbagi cerita dengan ayah agar sedikit beban di pikiran terangkat ya.

Selain dengan beberapa hal diatas, mommy jua bisa meluangkan sedikit waktu untuk me time. Hal tersebut dapat membantu mengurangi gejala baby blues yang mommy rasakan. Perlu diingat bahwa baby blues bukan lah hal yang memalukan, wajar dan bisa menyerang siapa saja. Namun, yang perlu diingat adalah apabila sindrom baby blues berlangsung lama dan keadaan semakin memburuk, jangan ragu untuk meminta bantuan psikolog agar keadaan tidak semakin parah ya moms. 


Artikel Lainnya


Kenali Gejala dan Penyebab Baby Blues

16 September 2020 | Administrator

Selengkapnya

About us


Rumah Katun merupakan outlet yang bergerak dibidang retail dan grosir yang berdiri sejak akhir tahun 2018. Beberapa produk yang ditawarkan adalah baju bayi berbahan katun dengan standart SNI, perlengkapan bayi serta baju-baju anak dan dewasa. Kami sangat menjaga kualitas mutu dan standart keamanan agar dapat memberikan kenyamanan untuk anda dan juga bayi anda. Untuk menunjang kenyamanan anda dan keluarga berbelanja, kami menyediakan beberapa fasilitas penunjang diantaranya playground corner, mini coffeeshop dan juga musholla.

...

Passionate about creating templates for startups

Our Mission

Menjadikan Rumah Katun menjadi outlet retail multinasional dengan ekspansi ke berbagai negara.

Our Vision

Menjadikan produk Rumah Katun sebagai icon oleh-oleh dari Malang.

Memberikan sentuhan terbaik dalam setiap produk dengan memperhatikan setiap detail.

Memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen dengan mengedepankan kepuasan pelanggan.

Menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang demi kenyamanan pelanggan.